Lompat ke isi utama

Berita

75 Panwascam Dilantik, Siap Awasi Pilkada Kabupaten Banyuwangi 2020

75 Panwascam Dilantik, Siap Awasi Pilkada Kabupaten Banyuwangi 2020

Sejumlah 75 Anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Banyuwangi tahun 2020, resmi dilantik di Ruang Rapat Khusus DPRD Kabupaten Banyuwangi (30/12/2019). Prosesi Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dipimpin oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Banyuwangi, Hamim, dilanjutkan penandatanganan berita acara Pelantikan secara simbolis oleh perwakilan Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan dan Ketua Bawaslu Kabupaten Banyuwangi sebagai bukti legal formal Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan untuk menjalankan tugas mengawal Pilkada Tahun 2020.

Kegiatan Pelantikan dimulai pada pukul 10.15 WIB dengan dihadiri oleh Bupati Banyuwangi,  Wakil Ketua DPRD Kabupaten Banyuwangi, jajaran Forkopimda Kabupaten Banyuwangi, Ketua KPU Kabupaten Banyuwangi, serta Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Timur.

Dalam Sambutannya Ketua Bawaslu Kabupaten Banyuwangi menyampaikan bahwa pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Banyuwangi telah mendapatkan lampu hijau dari Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Karena NPHD di Kabupaten Banyuwangi telah disahkan dengan tepat waktu oleh Bupati Banyuwangi. Untuk itu, Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan yang telah dilantik harus langsung melakukan kerja  pengawasan secara maksimal, “ Mohon bekerja secara professional, kerja nyata kita ditunggu masyarakat, harus netral dan meninggalkan kepentingan pribadi maupun golongan seperti sumpah yang tadi diucapkan,” Pungkas Hamim.

Hal senada juga disampaikan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.  Menurutnya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi kali ini sangatlah rawan. berbagai macam dinamika politik akan di temui. Maka, Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan yang baru di lantik harus menjalankan tanggung jawab dengan sangat cermat dan berhati-hati. “ Pemilihan saat ini berbeda dengan Pemilu yang lalu, pasalnya jumlah pasangan calon Bupati lebih sedikit dari pada Pemilu yang jumlah calon legislatifnya sangat banyak. Oleh karena itu, jika terdapat permainan politik maka akan mudah teridentifikasi, maka penyelenggara pemilu seperti panwascam agar lebih berhati hati,” ujarnya.

Setelah dilantik, para Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan yang ditempatkan di 25 Kecamatan se Banyuwangi akan langsung menjalankan tugas dan wewenang sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Banyuwangi tahun 2020. Agar lebih memahami tugasnya, usai dilantik mereka langsung mendapatkan pengarahan awal oleh  Anang Lukman Afandi selaku Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Banyuwangi untuk mulai mempersiapkan kebutuhan operasional dan sekretariat sebagai penunjang kinerja Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan. (Nindi/humas).