Lompat ke isi utama

Berita

Agar Pilkada 2020 Berkualitas, Bawaslu Banyuwangi Rajin Ajak Masyarakat Ikut Awasi

Agar Pilkada 2020  Berkualitas, Bawaslu Banyuwangi Rajin Ajak Masyarakat Ikut Awasi

Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Banyuwangi menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dalam mendorong partisipasi aktif masyarakat untuk ikut melakukan pengawasan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Banyuwangi Tahun 2020.

Diikuti sebanyak 50 undangan yang berasal dari perwakilan tokoh pemuda dan tokoh masyarakat di Kabupaten Banyuwangi, sosialisasi pengawasan partisipatif tersebut digelar di Hotel Aston Banyuwangi, Kamis (27/08/2020).

“Tujuan sosialisasi pengawasan partisipatif ini, adalah untuk memantik partisipasi masyarakat agar ikut terlibat dalam pengawasan pilkada Kabupaten Banyuwangi Tahun 2020,'' kata Ketua Bawaslu Kabupaten Banyuwangi, Hamim.

Hamim mengatakan melalui kegiatan ini dapat membantu Bawaslu Kabupaten Banyuwangi dalam menyampaikan tugas pengawasan kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat  memahami hak-haknya sebagai pemilih dalam Pilkada serentak nantinya.

Hal senada juga disampaikan oleh Adrianus Yansen Pale selaku Anggota Bawaslu Kabupaten Banyuwangi yang dalam kegiatan tersebut adalah sebagai narasumber. Menurutnya langkah ini dilakukan karena jumlah petugas pengawas pemilu terbatas, sehingga peran aktif masyarakat dalam ikut melakukan pengawasan sangat dibutuhkan.

“Perlu diingat bahwa 9 Desember 2020 nanti Kabupaten Banyuwangi akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah, maka peran dan partisipasi aktif pengawasan oleh masyarakat menjadi sangat penting. Apabila pengawasan semakin kuat, tentu bisa menekan terjadinya pelanggaran dalam berjalannya tahapan” tuturnya.

Dalam mengawasi pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi tahun 2020, Bawaslu telah menyusun program dan rencana pengawasan tahapan serta melakukan pencegahan untuk mengantisipasi terjadinya potensi pelanggaran. Selain itu, alur dan mekanisme tata cara dugaan pelanggaran juga semakin transparan dan sistematis.