Lompat ke isi utama

Berita

Ajak LP Ma'arif NU Banyuwangi, Bawaslu Optimalkan Pemilih Pemula

Ajak LP Ma'arif NU Banyuwangi, Bawaslu Optimalkan Pemilih Pemula

Banyuwangi - Plh Ketua Bawaslu Kabupaten Banyuwangi, Anang Lukman Afandi mengatakan pentingnya pendidikan politik  bagi pemilih pemula guna meningkatkan kesadaran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Kami sadar betul bahwa potensi anggota LP Ma'arif NU luar biasa, ada sekitar 8000 calon pemilih pemula yang masih fresh dan belum terkontaminasi politik atau kampanye hitam" terangnya dalam acara Sosialisasi dan Penandatanganan MoU, Jumat (1/7/2022) di Kantor LP Ma'arif NU.

Menurutnya, kerjasama yang dibangun dengan LP Ma'arif NU menjadi momentum bagi generasi muda untuk turut andil dalam mendorong tingkat partisipasi pemilu yang digelar 2 tahun mendatang. 

Senada dengan Anang, Ketua LP Ma'arif NU Zaki Al Mubarok juga menjelaskan generasi milineal sering dihadapkan pada antipati terhadap pemilu. Dimana pada Pemilu 2014 & 2019 menyiratkan kesan bahwa pemilu tersebut bisa mengarah pada disintegras bangsa. Hal ini perlu diantisipasi bersama dengan adanya sosialisasi dari sekolah ke sekolah.

"Kami yakin jika nanti ada edukasi yang positif bagi pemilih pemula, mereka akan bisa menjadi agen of change bagaimana sebenarnya pemilu itu bisa menentukan masa depan bangsa" ucapnya.

Dirinya juga menegaskan jika tidak adanya edukasi yang dilakukan dalam lembaga pendidikan, maka bisa dipastikan partisipasi masyarakat akan semakin menurun.

Ia juga berharap, kerjasama yang telah dibangun tidak hanya sebatas administrasi akan tetapi ada hasil yang nyata dalam membangun Indonesia lewat pemilu.

"Kami berharap akhir dari kerjasama ini nantinya dimasing-masing sekolah atau madrasah akan ada siswa-siswi yang menjadi duta pengawasan pemilu" ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bawaslu mengapresiasi antusias dari LP Ma'arif NU dalam membangun kerjasama yang telah digagasnya.