Lompat ke isi utama

Berita

Antisipasi kecurangan, Bawaslu Kabupaten Banyuwangi awasi langsung Pelaksanaan Tes Tulis Calon Anggota PPK

Antisipasi kecurangan, Bawaslu Kabupaten Banyuwangi awasi langsung Pelaksanaan Tes Tulis Calon Anggota PPK

Sebanyak 484 Calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan se-Kabupaten Banyuwangi mengikuti Tes Tulis, Kamis (30/01). Acara yang diselenggarakan di Auditorium Untag ’45 Banyuwangi oleh KPU Kabupaten Banyuwang tersebut langsung diawasi Bawaslu Kabupaten Banyuwangi. 5 Pimpinan Bawaslu Kabupaten Banyuwangi stand by di lokasi mulai dari pembukaan hingga acara selesai.

“Sesuai komitmen Bawaslu Kabupaten Banyuwangi, kami akan tetap melakukan pengawasan tahapan perekrutan Calon PPK ini hingga nantinya muncul nama-nama yang ditetapkan. Tes Tulis ini merupakan bagian dari objek pengawasan melekat yang dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Banyuwangi setelah beberapa waktu lalu  melewati tahap seleksi administrasi” kata Hamim selaku Ketua Bawaslu Kabupaten Banyuwangi.

Hamim juga menyampaikan bahwa Bawaslu Kabupaten Banyuwangi akan mengutamakan koordinasi dan komunikasi secara intensif antar pimpinan. Termasuk dengan KPU Kabupaten Banyuwangi guna terselenggaranya proses seleksi yang kondusif dan professional.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Banyuwangi  menegaskan, pihaknya bersama 4 pimpinan lainnya telah memastikan bahwa tidak ada peserta yang terindikasi melanggar 9 kerawanan yang selalu diingatkan oleh Bawaslu Kabupaten Banyuwangi dalam perekrutan Calon PPK hingga pada tahap tes tulis saat ini. 

Sebelum pelaksanaan tes tulis, peserta di cek kembali identitasnya oleh panitia. Bahwa yang bersangkutan adalah benar-benar peserta tes tulis sesuai dengan pendaftar. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya peserta yang menggunakan jasa Joki. Hingga acara berlangsung yaitu pukul 09.30 sampai 11.30, seluruh peserta mengikuti tes tulis sebagaimana aturan dan tata tertib yang berlaku. (Humas)