Lompat ke isi utama

Berita

Audiensi Ke Muhammadiyah, Bawaslu Banyuwangi Ajak MoU

Audiensi Ke Muhammadiyah, Bawaslu Banyuwangi Ajak MoU

Banyuwangi - Bawaslu Kabupaten Banyuwangi kembali melakukan Roadshow Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dan Perjanjian Kerjasama, kali ini dengan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banyuwangi, Selasa (05/07/2022) di Kampus ITBM Banyuwangi.

Plh Ketua Bawaslu Kabupaten Banyuwangi Anang Lukman Afandi menyampaikan bahwa Pemilu dan Pemilihan akan dilaksanakan secara serentak di Tahun 2024 dan yang menjadi perbedaanya hanya pada hari, tanggal dan bulan yang berbeda.

"Bawaslu Kabupaten Banyuwangi memiliki personil yang tidak banyak sedangkan kita mengawasi ada 25 Kecamatan di Kabupaten Banyuwangi, untuk itu kami mengharapkan Pemilu dan Pemilihan di tahun 2024 dapat berjalan dengan nyaman dan kita dapat bersama sama memberikan edukasi kepada masyarakat" Ujar Anang.

Pada kesempatan yang sama anggota Bawaslu Kabupaten Banyuwangi Aksan Mustofa menambahkan bahwa PD Muhammadiyah Kabupaten Banyuwangi merupakan Lembaga keagamaan yang besar dapat memberikan dukungannya dalam mensukseskan Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024.

lanjut Aksan sebagai anggota Bawaslu Kabupaten Banyuwangi yang membidangi Divisi Hukum data dan Informasi menambahkan bahwa yang menjadi tugas Bawaslu yaitu, Pencegahan, Pengawasan dan Penindakaan.

"Kami akan terus menjalin kerjasama dengan ormas yang ada agar Pemilu dan Pemilihan dapat berjalan dengan baik, untuk itu kami harapkan ada kerjasama berupa MoU secara formal antara PD Muhammadiyah dengan Bawaslu Kabupaten Banyuwangi" ungkapnya.

Selaras dengan Bawaslu, Ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Banyuwangi Mukhlis Lahuddin menyambut baik kedatangan Pimpinan Bawaslu Kabupaten Banyuwangi.

"Muhammadiyah tentunya memiliki banyak kader yang bisa dilibatkan bersama untuk pelaksanaan pesta demokrasi yang akan kita laksanakan bersama, Model sinerginya kita ikut saja seperti apa mekanismenya, Muhammadiyah tentunya bukan organisasi politik tapi kami juga tidak buta terhadap politik dikarenakan pesta demokrasi sebagai hajat kita bersama". Tandasnya

Kegiatan Sosialisasi ini akan terus dilakukan Bawaslu Kabupaten Banyuwangi. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam melakukan pengawasan pemilu serentak tahun 2024.