Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Banyuwangi Inisiasi Deklarasi Pilkada Sehat dan Tanpa Politik Uang

Bawaslu Banyuwangi Inisiasi Deklarasi Pilkada Sehat dan Tanpa Politik Uang

Pasca tahap penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi dan pengundian nomor urut pasangan calon, Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Banyuwangi langsung tancap gas. Sebagai upaca pencegahan, Bawaslu Banyuwangi langsung menginisiasi deklarasi dan penandatanganan pakta integritas Bersama agar pemilihan serentak lanjutan tahun 2020 di Kabupaten Banyuwangi berlangsung dalam protokol kesehatan yang ketat serta minim pelanggaran.

Setelah melakukan sejumlah persiapan, Jum’at Siang ( 25/9/2020) Bawaslu Kabupaten Banyuwangi langsung menggelar acara dimaksud. Dengan mengundanghadirkan forum komunikasi pimpinan Daerah, mulai Bupati, Kapolres, Dandim 0825, Kepala Kejaksaan Negeri Banyuwangi, KPU Banyuwangi hingga kepala gugus tugas covid 19. Dan yang tak kalah penting, Bawaslu juga menghadirkan para pasangan calon serta para partai pengusung masing masing pasangan calon.

Ketua Bawaslu Banyuwangi, Hamim, mengatakan, Deklarasi dan penandatangan pakta integritas Bersama dalam Pilkada sehat dan jujur adil ini merupakan inisiatif Bawaslu Kabupaten Banyuwangi sebagai ihtiyar agar pilkada berjalan dalam protokol kesehatan sesuai harapan pemerintah. “ ada tiga hal yang disepakati, dideklarasikan dan ditandatangani oleh masing masing paslon dan disaksikan semua pihak, yakni disiplin menjalankan protokol kesehatan secara ketat selama pilkada, mematuhi ketentuan yang berlaku serta menghindari praktik politik uang,” jelas Hamim.

Masih lanjut Hamim, deklrarasi ini menjadi komitmen tertulis supaya pilkada di Banyuwangi berjalan tanpa menimbulkan cluster baru penyebaran covid 19, tertib, damai dan tentram. Dalam kegiatan ini, semua pihak yang hadir diminta menandatangani prasasti deklarasi yang sudah disiapkan serta masing – masing pasangan calon, yakni pasangan dengan nomer urut 1, Yusuf Widyatmoko – Muhammad Riza Azizy dan pasangan nomor urut 2, Ipuk Fiestiandani – Sugirah, membacakan pakta integritas jaga pemilu sehat dan jurdil secara Bersama – sama. (humas)