Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Banyuwangi Mulai Lakukan Tes Wawancara Bagi Calon Panwas Kecamatan

Bawaslu Banyuwangi Mulai Lakukan Tes Wawancara Bagi Calon Panwas Kecamatan

Bawaslu Kabupaten Banyuwangi hari ini melaksanakan Tahap Akhir Perekrutan Calon Panitia Pengawas Kecamatan yakni Tes Wawancara. Para calon Panitia Pengawas Kecamatan mulai berdatangan menunggu antrian di Kantor Sekretariat Bawaslu Kabupaten Banyuwangi sejak pukul 12.00 WIB, Minggu (15/12/2019).

Dari pengumuman yang sudah diumumkan melalui website Bawaslu Banyuwangi, rencananya di hari pertama ini diawali dengan menginterview sebanyak 65 pendaftar dari lima Kecamatan,  yakni Kecamatan Banyuwangi, Giri, Glagah, Wongsorejo, dan Licin dilaksanakan di Kantor Sekretariat Bawaslu Kabupaten Banyuwangi. Sedangkan Kecamatan yang lain akan dilanjutkan besok hingga tanggal 18 Desember 2019 bertempat di Hotel Santika Banyuwangi. Peserta tes wawancara adalah peserta yang telah lulus administrasi dan mengikuti tes tertulis online yang dilaksanakan pada tanggal 13 Desember 2019 lalu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Banyuwangi, Hamim, mengatakan sejumlah 392 orang calon Panwascam akan menjalani tes Wawancara sesuai dengan jadwal yang sudah diumumkan.  “ Tes wawancara ini merupakan tahap yang sangat berpengaruh dalam proses perekrutan Calon Panwascam, pasalnya point yang diperoleh Calon Panwascam cukup besar tergantung bagaimana hasil wawancara yang dilalui”, jelasnya.

Hamim menambahkan bahwa dalam tes wawancara ini, masing-masing Peserta harus menjawab pertanyaan yang diajukan oleh 5 Pimpinan Bawaslu Kabupaten Banyuwangi yang berkaitan dengan penyelenggaraan dan pengawasan, integritas diri, kemampuan berorganisasi, kepemimpinan dan masih banyak lagi.

Hal senada juga disampaikan oleh Anang Lukman Afandi, Ketua Pokja Pembentukan Panwas Kecamatan Bawaslu Kabupaten Banyuwangi ini mengatakan bahwa melalui berbagai macam seleksi yang telah dilakukan diharapkan memperoleh hasil yang berkualitas. Calon Panwascam akan mampu memberikan kinerja dan pengabdian yang terbaik untuk lembaga demi mengawal dan mengawasi Pilkada 2020.

Selanjutnya, Pimpinan Bawaslu Kabupaten Banyuwangi akan melaksanakan rapat pleno dan memilih 3 orang dari masing-masing Kecamatan, sehingga Panwascam pada Pilkada 2020 di Kabupaten Banyuwangi berjumlah 75 orang. ( humas/nindi).