Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Diminta Ikut Ajak Masyarakat Taat Pada Protokol Covid-19 Selama Pilkada

Bawaslu Diminta Ikut Ajak Masyarakat Taat Pada Protokol Covid-19 Selama Pilkada

Selain bertugas mengawasi seluruh tahapan Pemilihan Kepala Daerah Dan Wakil Kepala Daerah, Badan Pengawas Pemilu yang di daerahnya diselenggarakan Pilkada serentak tahun 2020 juga diminta ikut mengajak masyarakat terutama yang memiliki hak pilih untuk taat terhadap protokol kesehatan Covid-19.

Menurut Koordinator Divisi Pengawasan Dan Hubungan antar Lembaga, A. Yansen Pale, permintaan tersebut disampaikan Pimpinan Bawaslu Provinsi Jawa Timur saat Rapat Koordinasi Konsolidasi kesiapan SDM pengawas pemilu pada 19 Kabupaten / Kota Se Jawa Timur dalam melakukan pengawasan tahapan pemilihan tahun 2020, di Kantor Bawaslu Kabupaten Lamongan, 5-6 Juni 2020 lalu.

“ Dalam rapat koordinasi yang dihadiri Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubla serta Koordinator Divisi Organisasi dan SDM, Bawaslu 19 Kabupaten / Kota se Jawa Timur yang menyelenggarakan Pilkada, juga dihadiri Pimpinan Bawaslu Provinsi Jawa Timur, Pak Amin, ada Bu Eka dan Pak Aang,” terang Yansen.

Dalam kesempatan tersebut, Pimpinan Bawaslu Provinsi Jawa Timur juga mengkonfirmasi kesiapan SDM jajaran Bawaslu di Jawa Timur saat tahapan Lanjutan pilkada serentak ini digelar. Termasuk memastikan adakah tenaga ad-hoc di masing – masing Kabupaten / kota yang harus dilakukan mekanisme pergantian antar waktu atau PAW.

Yansen menambahkan, khusus untuk persoalan data pemilih, Bawaslu Kabupaten/Kota diminta untuk melakukan koordinasi dengan jajaran KPU ke bawah, serta memastikan penyusunan dan penyerahan daftar pemilih pemilihan dari KPU Kabupaten/Kota ke PPS melalui PPK sesuai jadwal tahapan dan program di PKPU 5 tahun 2020. “yang paling penting dalam ploting TPS tidak boleh memecah anggota keluarga dan RT dengan tetap memperhatikan jarak tempuh. Dan yang tidak kalah penting adalah kita diminta mengawasi ketaatan baik penyelenggara maupun pemilih untuk taat mengikuti protokol covid – 19,” pungkas Alumnus Untag 45 Banyuwangi ini. (humas).