Lompat ke isi utama

Berita

Gandeng Organisasi Wartawan, Bawaslu Banyuwangi Tambah Energi Mitra Pengawasan

Gandeng Organisasi Wartawan, Bawaslu Banyuwangi Tambah Energi Mitra Pengawasan

Bawaslu Kabupaten Banyuwangi kembali menggelar kegiatan guna meningkatkan kualitas pengawasan partisipatif. Kali ini, Bawaslu Kabupaten Banyuwangi menggandeng sejumlah organisasi profesi wartawan dan media masa di Kabupaten Banyuwangi. Rapat Koordinasi yang mengusung tema Optimalisasi Peran Media Masa dalam pengawasan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi Tahun 2020 bersama Organisasi Profesi Wartawan Banyuwangi diselenggarakan di Hotel Kokoon Banyuwangi, Jumat (28/08/2020).

Ketua Bawaslu Kabupaten Banyuwangi, Hamim, menginginkan pengawasan Pilkada di Kabupaten Banyuwangi ini lebih optimal.

"Dengan adanya rekan media di Banyuwangi ini kami menaruh harapan besar yaitu untuk ikut serta mengawasi Pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi tahun 2020. Peran pers dengan idealisme yang kuat dalam mengawal Pilkada di Banyuwangi dapat menunjang demokrasi yang baik" ujar Hamim.

Media memiliki jangkauan dan jaringan massa yang luas. Oleh karena itu, koordinasi dan peningkatan sinergitas sangat penting keberadaannya. Demikian juga dalam hal pengawasan, media dapat memberikan informasi terkait temuan di lapangan, melalui pemberitaan.

Hasyim Wahid, Anggota Bawaslu Kabupaten Banyuwangi juga mengatakan media sangat berperan penting dalam momentum pilkada ini, sehingga perlu dijalin sinergitas, baik untuk informasi tahapan Pilkada hingga pengawasan yang efektif.

“Hikmah pandemi Covid-19 ini, akhirnya kita dipertemukan kembali dalam forum ini untuk saling berdiskusi dan bertukar pikiran terkait Pelaksanaan Pilkada di Banyuwangi. Media sangat membantu kami dalam pengawasan, yakni menjadi mata dan mulut kami dan saling membantu untuk mengawasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi tahun 2020," kata Hasyim.

Berdasarkan hasil pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Banyuwangi, secara garis besar potensi kerawanan di Kabupaten Banyuwangi terdiri dari beberapa kerawanan, diantaranya terkait daftar pemilih, netralitas ASN, dan politik uang.

Maka dalam hal ini menjadi PR bersama bahwa Bawaslu Kabupaten Banyuwangi dan media di Banyuwangi harus saling berperan aktif sesuai dengan perannya agar proses Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 di Banyuwangi berjalan sesuai dengan aturan yang berlakukan. (Humas)