Lompat ke isi utama

Berita

Hadiri Rapat Koordinasi DPB Triwulan II, Bawaslu Soroti Elemen Data Pemilih

Hadiri Rapat Koordinasi DPB Triwulan II, Bawaslu Soroti Elemen Data Pemilih

Banyuwangi, Anggota Bawaslu Kabupaten Banyuwangi Adrian Yansen Pale menegaskan tugas Bawaslu untuk memastikan apa yang telah dikerjakan oleh KPU Banyuwangi sudah sesuai norma demi mengakomodir hak politik masyarakat dalam pemilu maupun pemilihan.

"kami juga akan melakukan koordinasi dengan Pihak Kepolisian dan TNI untuk mengetahui  jumlah penduduk yang berubah status dari sipil menjadi TNI/Polri ataupun sebaliknya" ungkap nya dalam sela-sela Rapat Koordinasi Pemutakhiran DPB, Senin (27/6/2022)

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan lapas untuk mastikan jumlah Tahanan dan Narapidana yang ada di Lapas Kelas II B Banyuwangi.

Pria yang akrab dipanggil Ansel tersebut juga menyatakan dalam waktu dekat Bawaslu Kabupaten Banyuwangi akan melakukan uji petik terhadap hasil Data Pemilih Berkelanjutan Triwulan II. Hal ini dilakukan untuk memastikan tingkat validitas data pemilih.

"Tujuan lain dari Data Pemilih Berkelanjutan ini adalah untuk menjaga kesinambungan jika misalnya DP4 itu turun ketika disinkronkan kita tidak terlalu sulit dalam memilah pemilih yang memenuhi syarat dan Tidak Memenuhi Syarat" imbuhnya.

Terkait dengan data elemen NIK & NKK merupakan wilayah dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Dirinya berharap bahwa dalam pemilu kedepan Banyuwangi tidak terjadi lagi permasalahan data invalid sebagaimana yang terjadi pada Pemilu 2019 kemarin.