Lompat ke isi utama

Berita

Lewat Bimtek, Bawaslu Banyuwangi bekali Panwascam penanganan pelanggaran Pemutakhiran Data Pemilih

Lewat Bimtek, Bawaslu Banyuwangi bekali Panwascam penanganan pelanggaran Pemutakhiran Data Pemilih

Dalam rangka tahapan pengawasan pemutakhiran data pemilih pada Pilkada serentak Tahun 2020, Bawaslu Kabupaten Banyuwangi mengelenggarakan Bimbingan Teknis Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih, kepada 75 anggota Panwaslu Kecamatan di Hotel Santika Banyuwangi, Senin (20/07/2020).

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari yaitu senin s/d selasa, 20 s/21 Juli 2020 secara tatap muka. Berbeda dengan sebelumnya, bimbingan teknis kali ini dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

Ketua Bawaslu Kabupaten Banyuwangi, Hamim, meminta pengawas kecamatan untuk tetap memaksimalkan kerja koordinatif dan melakukan pengawasan pemutakhiran daftar pemilih dengan teliti untuk mengantisipasi terjadinya pelanggaran.

"Mengawal proses Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Banyuwangi, pengawas ditekankan untuk disiplin dan profesional dalam menjalankan tugas. Serta dapat menunjukkan jati dirinya sebagai pengawas. Bekerja secara kolektif kolegial. Karena pengawasan merupakan tanggung jawab bersama" tegas Hamim.

Menurutnya, pengawas harus lebih menguasai aturan penyelenggaraan Pilkada dibanding penyelenggara teknis.

Selain itu, koordinator sekretariat Bawaslu Kabupaten Banyuwangi menghimbau kepada Panwas Kecamatan untuk selalu mengikuti informasi berkaitan dengan anggaran yang selalu di upgrade mengingat kebutuhan pengawas di era new normal semakin dinamis.

"Kami memohon kerjasama bagi panwascam untuk selalu berkoordinasi dengan sekretariat terkait dengan perkembangan anggaran yang diserap untuk mendukung kerja pengawas di lapangan", ujarnya.

Bimbingan teknis ini bertujuan untuk membekali panwas kecamatan dalam melakukan pengawasan pada tahapan pemutakhiran data pemilih yang saat ini dilakukan oleh PPDP melalui Gerakan Coklit Serentak serta simulasi penanganan pelanggaran yang kemungkinan terjadi di lapangan. (Humas)