Lompat ke isi utama

Berita

Rangkul Media Massa, Cara Bawaslu Banyuwangi Sosialisasi Pengawasan Ditengah Pendemi

Rangkul Media Massa, Cara Bawaslu Banyuwangi Sosialisasi Pengawasan Ditengah Pendemi

suasana talkshow Pilkada distudio JTV Banyuwangi beberapa waktu lalu

Berbagai cara dilakukan Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Banyuwangi agar pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 di Kabupaten paling timur pulau Jawa ini berlangsung sukses. Salah satunya dengan bekerjasama dengan media massa untuk melakukan sosialisasi pengawasan.

Sosialisasi pengawasan ini dinilai penting dilakukan mengingat pilkada serentak tahun ini berbeda kondisinya dengan pilkada atau pemilu sebelumnya. Kondisi Pandemi covid – 19 yang membuat tatacara pemilihan harus berbeda penting untuk diketahui masyarakat yang nanti memberikan hak pilihnya tanggal 9 Desember 2020.

“salah satu cara sosialisasi yang kami gunakan dan kami nilai sangat strategis adalah bergandengan tangan dengan media massa di Banyuwangi, baik dengan cara talkshow maupun mengikuti konten dan program yang media massa lakukan. Ditengah kondisi serba terbatas dalam situasi pandemi seperti ini, kami dituntut untuk terus kreatif dan bersinergi, agar program andalan kami pengawasan partisipatif berjalan dengan baik dan tingkat partisipasi pemilih nanti tidak turun,” Kata Hasyim Wahid.

Koordinator Divisi Hukum, Humas Dan Data Informasi Bawaslu kabupaten Banyuwangi menambahkan, selain media massa, pihaknya juga secara intens melakukan kerjasama dengan sejumlah komunitas, organisasi masyarakat hingga Lembaga Pendidikan dalam melakukan sosialisasi pengawasan. Kerjasama dengan banyak pihak yang sudah dilakukan sejak Pemilu 2019 lalu semakin memudahkan Bawaslu Banyuwangi melakukan kerja kerja pengawasan seperti yang selama ini berjalan.

“dalam melakukan tugas berat pengawasan ini tentu kami tidak bisa sendiri, kerja sama dengan banyak pihak terutama media massa di Banyuwangi akan terus kita tingkatkan polanya dengan mempertimbangkan berbagai hal, salah satunya sisi efektif dan strategis. Jika semua pihak ikut berpartisipasi dalam mengawasi seluruh tahapan pilkada sesuai dengan fungsi dan kewenangannya masing – masing, Insysallah pilkada serentak di Banyuwangi tahun 2020 nanti bisa berjalan dengan sehat, berkualitas dan bermartabat,“ Pungkasnya ( Humas)