Cegah Gangguan Pasokan Listrik Saat Hari Pemilihan, Bawaslu Banyuwangi Kembali Gandeng PLN

Cegah Gangguan Pasokan Listrik Saat Hari Pemilihan, Bawaslu Banyuwangi Kembali Gandeng PLN Cegah Gangguan Pasokan Listrik Saat Hari Pemilihan, Bawaslu Banyuwangi Kembali Gandeng PLN Setelah sukses melakukan kerjasama pada saat gelaran pemilihan umum 2019 lalu, kini Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Banyuwangi kembali melakukan  Bawaslu Banyuwangi

Setelah sukses melakukan kerjasama pada saat gelaran pemilihan umum 2019 lalu, kini Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Banyuwangi kembali melakukan kerjasama dengan Perusahaan Listrik negara (PLN) Unit Induk Distribusi Jawa Timur UP3 Banyuwangi.  Penandatanganan Mou pun dilakukan di Kantor PLN  UP3 Banyuwangi, Kamis ( 26/11/2020).

Penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan mengingat pentingnya pasokan jaringan listrik yang aman saat hari pemungutan suara yang dilaksanakan tanggal 9 Desember nanti. MOU Bidang keselamatan ketenagalistrikan dalam rangka Pilkada Kabupaten Banyuwangi tahun 2020 ini selain menjamin pasokan energy listrik di seluruh Kabupaten Banyuwangi, juga untuk menertibkan Alat Peraga kampanye (APK) yang didirikan di daerah potensi berbahaya aliran listrik, seperti dipasang mendekati jaringan listrik saluran udara tegangan menengah.

Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Banyuwangi, Krisantus H Setyawan, mengatakan kerjasama PLN Banyuwangi dengan Bawaslu Banyuwangi ini dalam rangka menjaga kehandalan, kontinuitas dan keamanan penyaluran tenaga listrik kepada masyarakat serta mencegah terjadinya kecelakaan masyarakat akibat terkena sengatan listrik selama tahapan pemilihan. “ dengan ini kedua belah pihak bersepakat menjalin kerjasama yang meliputi bantuan sosialisasi, bantuan penertiban APK dan tindakan penertiban lainnya selama tahapan pemilihan ini berlangsung,” Jelasnya.

Sementara ketua Bawaslu Banyuwangi, Hamim, menjelaskan jika kerjasama ini bukan yang pertama kali, namun sudah diinisiasi kedua belah pihak sejak pemilu 2019 lalu. “ hasilnya luar biasa, pelaksanaan pemilu 2019 lalu bisa berjalan sukses berkat PLN yang menjami pasokan listrik aman, terutama saat hari pemungutan suara. Terlebih lokasi strategis seperti kantor Bawaslu dan KPU yang harus melakukan rekap data, pasokan listriknya dipastikan aman, dan kerjasama ini kita lanjutkan dalam pemilihan serentak kali ini,” Jelas Hamim.

Selain Bawaslu Banyuwangi, kerjasama ini juga dilakukan antara PLN Banyuwangi dengan KPU Banyuwangi guna suksesnya pemilihan serentak tahun 2020 di Banyuwangi terutama dalam hal menjaga pasokan energy listrik saat hari pencoblosan berlangsung. (humas)