Cek Situasi Kamtibmas, Baintelkam Mabes Polri Sambangi Bawaslu Banyuwangi

Cek Situasi Kamtibmas, Baintelkam Mabes Polri Sambangi Bawaslu Banyuwangi Cek Situasi Kamtibmas, Baintelkam Mabes Polri Sambangi Bawaslu Banyuwangi Agen Madya Baintelkam Mabes Polri, Kombes Pol Sutrisno HR,SH.,S.I.K., M.SI melaksanakan kunjungan silaturahmi ke Kantor Bawaslu Kabupaten Banyuwangi, Rabu  Bawaslu Banyuwangi

Agen Madya Baintelkam Mabes Polri, Kombes Pol Sutrisno HR,SH.,S.I.K., M.SI melaksanakan kunjungan silaturahmi ke Kantor Bawaslu Kabupaten Banyuwangi, Rabu siang (04/11/2020).

Dalam kunjungannya, Baintelkam Mabes Polri didampingi oleh Kanit Intelkam Bidang Politik Polresta Banyuwangi, IPDA Ahmad Rudi. Rombongan tiba di Kantor Bawaslu Kabupaten Banyuwangi disambut langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Banyuwangi, Hamim.

Kombes Pol Sutrisno mengatakan, kunjungan silaturahmi ini dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan sinergitas Polri bersama penyelenggara pemilu di Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pilkada Serentak Tahun 2020. Sehingga harapannya tercipta situasi yang aman, damai dan kondusif dalam pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020 di Kabupaten Banyuwangi khususnya.

“Dalam momentum Pilkada serentak ini, penyelenggara pemilu ditingkat Kabupaten/Kota yakni KPU dan Bawaslu memang dituntut harus berkerja profesional tanpa condong atau memihak ke salah satu pasangan calon. Dengan saling menjaga komunikasi dengan pihak kepolisian jika terdapat kendala keamanan yang tidak diinginkan, sebisa mungkin kami akan membantu. Apalagi saat ini tengah masa pandemi, yang mana pada tahapan kampanye tidak diperbolehkan mengumpulkan massa melebihi 50 orang. Saya yakin Bawaslu sudah bekerja sesuai prosedur yang telah ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku, meskipun begitu masyarakat maupun pendukung kedua paslon akan selalu mengkritik kinerja Bawaslu selama dalam proses tahapan berlangsung” ujar Sutrisno.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Banyuwangi menanggapi dengan menunjukkan beberapa hal yang selama ini telah dilalui oleh Bawaslu, khususnya Bawaslu Kabupaten Banyuwangi. Mulai dari kerja-kerja pengawasan hingga penanganan pelanggaran yang telah dilakukan. Sehingga memantapkan langkah Bawaslu untuk mempersiapkan segala sesuatu yaitu berupa kemungkinan yang akan terjadi pada Pilkada Serentak Tahun 2020.

“Bahwa Pilkada serentak tahun 2020 di Kabupaten Banyuwangi sampai saat ini masih kondusif. Bawaslu Kabupaten Banyuwangi baru saja menyelesaikan dugaan laporan pelanggaran netralitas ASN yang sudah kita rekomendasikan ke KASN. Dalam Pemilu Tahun 2019 Bawaslu Kabupaten Banyuwangi dinilai lengkap dalam menangani pelanggaran antara lain putusan pelanggaran adminitrasi, pelanggaran kode etik, pelanggaran pidana pemilu sampai dengan putusan” kata Hamim.

Mengevaluasi pelaksanaan tahapan Pemilu Tahun 2019 lalu, diharapkan support dan kerjasama antara Bawaslu dan beberapa pihak terkait, termasuk Kepolisian berjalan beriringan. Tentu dalam mensukseskan Pilkada Serentak Tahun 2020. Dengan begitu, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Banyuwangi pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang dapat berjalan sukses sesuai yang diinginkan oleh masyarakat di Kabupaten Banyuwangi. (humas)