Maksimalkan Pengawasan DPS Hasil Perbaikan & Kampanye, Bawaslu Banyuwangi Solidkan Jajaran Bawah

Maksimalkan Pengawasan DPS Hasil Perbaikan & Kampanye, Bawaslu Banyuwangi Solidkan Jajaran Bawah Maksimalkan Pengawasan DPS Hasil Perbaikan & Kampanye, Bawaslu Banyuwangi Solidkan Jajaran Bawah Memasuki tahapan demi tahapan pada Pilkada Serentak Tahun 2020, berbagai upaya terus di lakukan oleh Bawaslu Kabupaten Banyuwangi dalam meningkatkan kompetensi  Bawaslu Banyuwangi

Memasuki tahapan demi tahapan pada Pilkada Serentak Tahun 2020, berbagai upaya terus di lakukan oleh Bawaslu Kabupaten Banyuwangi dalam meningkatkan kompetensi dan kinerja Pengawasan pada jajaran di bawahnya. Salah satunya, tahap Pemutakhiran dan penyusunan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan yang telah dicermati perlu di evaluasi kembali untuk lebih memaksimalkan akurasi datanya. Selain itu saat ini tahapan Pilkada 2020 juga tengah memasuki Tahapan Kampanye.

Untuk itu, Bawaslu Kabupaten Banyuwangi melaksanakan Rapat Koordinasi Pengawasan Tahapan Kampanye dan Evaluasi Pencermatan DPS Hasil Perbaikan bagi Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Banyuwangi di Hotel Kokoon, kemarin, Kamis (8/10/2020).

Peserta rapat Koordinasi terdiri dari Ketua dan Divisi Pengawasan & Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Banyuwangi serta didampingi staf sekretariat. 

Koordinator Divisi Pengawasan & Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Banyuwangi, Adrian Yansen Pale yang memandu jalannya rapat koordinasi menyampaikan bahwa peserta Rakor kali ini disatukan bertujuan untuk memudahkan koordinasi satu sama lain. Karena ketiganya sangat berkaitan secara teknis dalam hal pengawasan di lapangan.

“Dalam pengawasan di wilayah masing-masing tentu semua Panwascam bertanggung jawab untuk melaksanakan pengawasan secara kolektif kolegial. Utamanya divisi pengawasan disini perannya lebih intensif dalam segi tupoksi. Staf yang di tunjuk untuk memback up juga perlu di bekali pemahaman supaya paham secara teknis. Kemudian peran ketua ini penting karena berkaitan dengan administrasi” terangnya.

Yansen juga menambahkan bahwa saat ini yang perlu  difokuskan adalah memahami peraturan dan regulasi yang banyak mengalami perubahan. Maka pengawas pemilu harus sigap serta selalu update terhadap segala informasi setiap saat.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan penguatan, meningkatkan efektifitas Pengawasan dan meminimalisir terjadinya pelanggaran pada tahapan Pemilihan ditingkat Kecamatan. Saya harap nantinya semua problem yang ada di wilayah masing – masing dapat clear di forum ini. Sehingga Pengawas Pemilu di Kabupaten Banyuwangi memiliki satu pemahaman dan persepsi yang sama sesuai ketentuan peraturan Perundang-Undangan dalam melakukan pengawasan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi Tahun 2020” pungkasnya.

Rapat Koordinasi tersebut di gelar mengingat aktivitas kampanye Pasangan Calon sudah mulai dilakukan, terlebih di masa pandemi saat ini. KPU pun tidak menyusun jadwal kegiatan kampanye. Oleh sebab itu, pengawas Pemilu harus proaktif menjemput bola dalam hal melakukan pengawasan di lapangan. (humas)