Lompat ke isi utama

Berita

Awasi Surat Suara Pemilu, Bawaslu Tinjau Langsung Gudang Penyimpanan Logistik

Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Banyuwangi mengawasi kedatangan surat suara Pemilu di gudang penyimpanan logistik KPU Banyuwangi, pada Kamis (4/1/2024)

Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Banyuwangi mengawasi kedatangan surat suara Pemilu di gudang penyimpanan logistik KPU Banyuwangi, pada Kamis (4/1/2024)

Banyuwangi - Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Banyuwangi, menjelang tahapan pemungutan dan penghitungan suara, Bawaslu Kabupaten Banyuwangi meninjau langsung surat suara pemilu yang hari ini tiba di gudang logistik KPU Kabupaten Banyuwangi, pada Kamis (4/1/2024) siang.

Menurut Ketua Bawaslu Kabupaten Banyuwangi, Adrian Yansen Pale mengatakan kehadiran pengawas dalam rangka memastikan ketersediaan surat suara sudah sesuai dengan jumlah kebutuhan ditambah dengan cadangan dan surat suara untuk PSU

"Pada prinsipnya kami ingin memastikan per jenis surat suara itu sesuai dengan kebutuhan jumlah pemilih (DPT) plus cadangan 2% dan kita juga akan menugaskan pengawas kita di tingkat kecamatan untuk mengawasi secara langsung mulai dari proses pembongkaran,  penghitungan surat suara, termasuk sortir pelipatan surat suara sampai pada pendistribusiannya". Ungkap Adrian

Senada dengan Adrian, Anggota Bawaslu Kabupaten Banyuwangi, Joyo Adi Kusumo menyampaikan selain memastikan keterpenuhan surat suara, Bawaslu juga melakukan mitigasi terkait penyimpanan surat suara dan kelengkapan logistik lainnya yang berada di gudang KPU.

"Mitigasi pencegahan perlu kita lakukan, untuk itu kami juga memastikan sistem keamanan tempat penyimpanan logistik berada, apakah sudah terdapat CCTV, Aparat Keamanan (Kepolisian) yang berjaga dan Alat Pemadam Kebakaran, termasuk juga potensi genangan air yang masuk dalam gudang, karena bagaimanapun surat suara ini merupakan dokumen rahasia negara yang perlu diawasi secara ketat". Tutur Joyo.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Banyuwangi, Dwi Anggraini menjelaskan seluruh jenis surat suara untuk Pemilu sudah tiba di gudang, selanjutnya KPU Banyuwangi akan melakukan penjadwalan untuk persiapan sortir dan pelipatan surat suara.

"Semua logistik hampir 90% sudah tiba, dan hari ini yang terakhir datang yakni untuk surat suara DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten, sedangkan untuk surat suara PPWP sudah datang sejak tadi malam, sementara surat suara DPR RI telah tiba sejak tanggal 28 Desember 2023 dan surat suara DPD tiba pada tanggal 16 Desember 2023". Papar Dwi

Ia menambahkan, untuk pengamanan logistik pihaknya akan berkoordinasi dengan Polresta Banyuwangi untuk memastikan adanya penjagaan dari aparat keamanan setempat.

"Untuk pengamanan sama seperti biasanya, kita akan terus berkoordinasi dengan polresta setempat terkait dengan pengamanan dan untuk proses sortir lipat surat suara kebetulan akan dilakukan di dalam gudang KPU, sehingga tidak ada surat suara yang keluar dari gudang". Tambahnya

Foto : Yulia Anggraini

Penulis : Galang Romadhon