Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kabupaten Banyuwangi beri Pelatihan dan Manajemen Pengetahuan kepada Saksi Peserta Pemilu

Ketua Bawaslu Kabupaten Banyuwangi, Adrian Yansen Pale saat membuka kegiatan Pelatihan Saksi Peserta Pemilu di Hotel Santika Banyuwangi, Selasa (26/12/2023)

Ketua Bawaslu Kabupaten Banyuwangi, Adrian Yansen Pale saat membuka kegiatan Pelatihan Saksi Peserta Pemilu di Hotel Santika Banyuwangi, Selasa (26/12/2023) 

Banyuwangi - Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Banyuwangi, Bawaslu Kabupaten Banyuwangi menggelar "Penguatan Kapasitas (TOT) dan Manajemen Pengetahuan Saksi Peserta Pemilu Tahun 2024", yang berlangsung di Hotel Santika Banyuwangi, pada Selasa (26/12/2023) 

Acara yang dibuka langsung secara resmi oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Banyuwangi, Adrianus Yansen Pale, dihadiri oleh 18 (delapan belas) utusan Partai Politik Peserta Pemilu tingkat Kabupaten yang akan berkontestasi dalam Pemilu 2024 mendatang. 

Dalam Sambutannya, ia menjelaskan tujuan dari kegiatan tersebut yakni agar saksi peserta pemilu dapat memahami terkait aturan teknis pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi suara secara berjenjang (TPS, kecamatan sampai tingkat kabupaten). 

"Kehadiran saksi di TPS sangat penting. karena saksi ikut menjaga, mengawal dan mengawasi mulai dari proses pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi suara, baik di TPS maupun rekapitulasi di tingkat kecamatan dan kabupaten, untuk itu kami mengundang bapak ibu sekalian dalam pelatihan ini agar dapat memberi pemahaman utuh kepada kadernya yang akan ditugaskan sebagai saksi partai politik peserta pemilu 14 Februari 2024." Pungkas Adrian. 

Sebagaimana yang perlu diketahui bersama bahwa dalam Ketentuan Pasal 351 ayat (8) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Bawaslu diberi kewenangan untuk melatih Saksi Peserta Pemilu.

"Untuk pendalaman materi dalam giat ini, tentu telah kami siapkan Narasumber yang ahli di bidang pemilu yaitu Masykurudin Hafidz dari Akademi Pemilu Demokrasi (APD) TA Pengawasan Bawaslu RI Perioden2017-2022 dan Anang Lukman Afandi (Anggota Bawaslu Kabupaten Banyuwangi Periode 2018-2023), selamat mengikuti dan sukses selalu bapak ibu". Tambahnya. 

Dalam kegiatan pembukaan acara tersebut turut hadir Anggota Bawaslu Banyuwangi Bapak Untung Apriliyanto (Kordiv PP) serta Koordinator sekretariat Ibu Suko renangningsih.

Foto : Heri Prasetyo

Penulis : Galang Romadhon