Lompat ke isi utama

Berita

Lantik 217 Panwaslu Kelurahan/Desa, Hamim bekali SIM-P pada Pengawas

Lantik 217 Panwaslu Kelurahan/Desa, Hamim bekali SIM-P pada Pengawas

Banyuwangi, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Banyuwangi - sebanyak 217 Panitia Pengawas Pemilihan Umum  Kelurahan/Desa se-Kabupaten Banyuwangi resmi dilantik dan diambil sumpah/janji oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Banyuwangi, Hamim di El Royal Hotel Banyuwangi, Minggu (5/2/2023) 

Dalam Sambutannya, dirinya menjelaskan bahwasanya kunci seorang Pengawas dalam melakukan Pengawasan setidaknya dibekali dengan SIM-P. 

"Modal awal bagi saudara ketika menjadi Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa, harus memiliki SIM-P dalam melakukan pengawasan tahapan Pemilu". Ungkap Hamim. 

Lalu apa itu SIM-P? Pria yang berdomisili di Purwoharjo tersebut memaparkan bahwa SIM-P yang harus dipahami oleh Pengawas yakni Soliditas, Integritas, Mentalitas dan Profesionalitas. 

"SIM-P yang Pertama yakni Soliditas, sebagai seorang Pengawas harus solid bersama dengan tim yang sudah merekrut saudara yakni di panwascam dan juga Bawaslu Kabupaten, kita butuh tim yang solid dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu serentak Tahun 2024". paparnya. 

Selain itu, ia juga menyampaikan seorang Pengawas harus mampu menjaga Integritas, tidak boleh berpihak pada Peserta Pemilu maupun Calon. 

"Ini pesan tadi yang juga disampaikan oleh Bupati, jaga integritas semuanya, yang dahulu setelah 5 tahun pernah menjadi simpatisan mulai hari ini harus mampu menjaga integritas jangan sampai datang kerumah-rumah caleg minta sangu dan sebagainya hilangkan itu semua, Jaga integritas". tegasnya. 

Lebih lanjut, Pengawas Pemilu juga harus memiliki Mentalitas yang tinggi serta Profesionalitas. Hal ini yang sangat diharapkan dari seorang pengawas, karna tanpa SIM-P, seorang pengawas tidak akan mampu dalam menjalankan tugas-tugas kepengawasan sebagaimana mestinya.