Lompat ke isi utama

Berita

Ngabuburit Online Pamungkas, Humas Bawaslu Se-jatim Diajari Menulis Berita Online

Ngabuburit Online Pamungkas, Humas Bawaslu Se-jatim Diajari Menulis Berita Online

suasana ngabuburit online Bawaslu Jawa Timur edisi terakhir

Sebanyak 38 Bawaslu Kabupaten dan Kota se-Jawa Timur, mengikuti ngabuburit online edisi terakhir atau pamungkas, Rabu (20/5). Ngabuburit online yang digelar dipekan terakhir bulan Ramadhan ini, membahas tentang teknik penulisan berita di Media Online.

Seperti biasa, ngabuburit online yg di selenggarakan oleh Bawaslu Provinsi Jawa Timur ini selalu  diikuti oleh para koordinator divisi yang mengampu kehumasan dan satu staf kehumasan masing masing Kabupaten/Kota. Sesuai tema yang dibahas, kali ini Bawaslu Jawa Timur menghadirkan Angga Ulung Tranggana, Asisten Redaktur laman berita politik rmol.id, sebagai narasumber. Dari Bawaslu Kabupaten Banyuwangi sendiri, hadir sebagai peserta, Koordinator Hukum, Humas dan data Informasi, Hasyim Wahid, serta staf kehumasan Nindi Febriandini.

Nur Elya Anggraini, Koordinator Divisi Humas dan Hubal Bawaslu Provinsi Jawa Timur dalam sambutan pembukaan mengatakan dimusim pandemi ini, selain media cetak kehumasan bawaslu juga bisa memanfaatkan media online untuk menyampaikan informasi. “Jadi orang awam yang ingin tahu model pengawasan Pemilu maupun Pilkada dapat langsung mengakses situs resmi Bawaslu" jelasnya.

Sementara itu, dalam paparannya, Ulung banyak memberikan pemaparan terkait permasalahan seputar media online sampai dengan teknis rinci penulisan berita di media online dengan baik, sistematis dan praktis, sehingga diharapkan portal Bawaslu di Jawa Timur bisa menjadi benchmark media pengawasan Pemilu di Indonesia. "pada prinsipnya adalah menulis, menulis dan menulis. Karena salah satu jejak pengawasan Bawaslu adalah dengan tulisan. Oleh sebab itu perlu memahami nilai kehumasan, apalagi saat ini dimudahkan menggunakan media online yang mana tulisan kita bisa dikaji ulang, diedit, kemudian di publikasikan" tegasnya.

Acara diskusi virtual yang sudah digelar empat kali ini berlangsung selama dua jam. Forum berlangsung atraktif karena peserta diskusi yang penasaran dengan materi Ulung tak henti hentinya mengajukan pertanyaan dan dijawab panjang lebar oleh alumni Universitas jember ini. (humas)