Lompat ke isi utama

Berita

Panwascam Pemilu 2024 segera dibentuk, Anang Hadiri Rapat bersama Bawaslu Jawa Timur

Malang- Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Banyuwangi, Anang Lukman Afandi menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan Pembentukan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan Pemilu dan Pilkada Tahun 2024 se-Provinsi Jawa Timur, Jum’at (19/08/2022).

Anang Lukman Afandi yang hadir dalam acara ini menyambut baik segera dibentuknya Panwascam ini, mengingat mulai padatnya Tahapan Pemilihan Umum Tahun 2022.

Tahapan yang sedang berjalan saat ini yaitu Verifikasi administrasi Partai Politik Calon peserta Pemilu.

Verifikasi administrasi adalah penelitian terhadap kelengkapan dan keabsahan dokumen partai politik, termasuk di antaranya meliputi dugaan keanggotaan ganda dan keanggotan yang tak memenuhi syarat (TMS) seperti penyelenggara pemilu atau anggota TNI-Polri dan kepala desa.

"Jelang Tahapan Verifikasi Faktual kepengurusan dan keanggotaan Partai Politik calon peserta Pemilu 2024, kami tentunya membutuhkan tambahan SDM Pengawas di tingkat Kecamatan, karena beban dan cakupan pengawasan yang semakin luas" Jelas Anang.

"Harapan kami, awal Oktober Panwascam Pemilu 2024 sudah bisa dilantik dan segera bekerja mengawasi Verifikasi Faktual", Lanjutnya.

Dalam sambutan Rapat Ketua Bawaslu Jatim mengatakan kegiatan rekrutmen panwascam adalah kegiatan Bawaslu memanggil.

“Saya berharap sukses perencanaan, pelaksanaan, serta hasil dari proses rekrutmen panwascam dalam mengawal demokrasi di tingkat kecamatan adalah menghasilkan orang-orang yang mampu menjalankan tugas dengan baik” Ungkap Koordinator Divisi SDM Bawaslu Jawa Tmur.