Lompat ke isi utama

Berita

Pemkab Banyuwangi Kembali Tegaskan Komitmennya Fasilitasi Pilkada Yang Bermartabat

Pemkab Banyuwangi Kembali Tegaskan Komitmennya Fasilitasi Pilkada Yang Bermartabat

Jum'at Pagi (24/07), Bawaslu Kabupaten Banyuwangi menerima kunjungan Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuwangi, Mujiono, di Kantor Bawaslu Kabupaten Banyuwangi. Turut hadir pula Ketua Bakesbangpol Kabupaten Banyuwangi, Aziz Hamidi, dan Kepala BKD Kabupaten Banyuwangi, Nafiul Huda.

Kedatangan perwakilan Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi ini untuk melakukan koordinasi lanjutan terkait dengan kesiapan pelaksanaan pengawasan Pemilihan  Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Banyuwangi tahun 2020.

Ketua Bawaslu Kabupaten Banyuwangi, Hamim, mengatakan mulai tahap persiapan hingga kini, tentu hubungan koordinasi dengan pemerintah daerah Banyuwangi  banyak tentu mengalami dinamika yang wajar. Untuk itu, Pihaknya mengapresiasi langkah kordinasi yang dilakukan Pemerintah Kabupaten tersebut, sembari terus berupaya melakukan upaya dan  langkah strategis dalam proses pengawasan yang terbaik selama tahapan berlangsung. 

“Inisiatif untuk melakukan koordinasi dua lembaga pemerintah seperti saat ini bukanlah yang pertama kali.  alhamdulillah ini direspon sangat baik oleh keduanya, dibuktikan dengan pertemuan hari ini di Kantor Bawaslu Kabupaten Banyuwangi. Kedepan, Kami ingin pemerintah daerah Kabupaten Banyuwangi dapat bekerjasama dalam  mensosialisasikan  netralitas ASN hingga jajaran bawah. Karena itu merupakan langkah pencegahan Bawaslu”, tegas Hamim. 

Pemerintah daerah Kabupaten Banyuwangipun  mengamini hal tersebut.  melalui  tanggapan Kepala BKD Kabupaten Banyuwangi bahwa BKD Kabupaten Banyuwangi yang menyatakan telah melakukan tindak lanjut dan evaluasi terhadap ASN yang melanggar netralitas pada Pemilu 2019 lalu. “Saat ini kami sedang menyiapkan MOU terkait netralitas ASN yang digagas oleh Bawaslu Kabupaten Banyuwangi sebagai tanggung jawab kami dalam menghimbau personil kami di masing-masing tingkatan untuk tidak terlibat dalam kepentingan Politik di Banyuwangi” ujar Kepala BKD, Nafiul Huda.

Sementara itu,  Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuwangi bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi, Mujiono  kembali menegaskan kesiapan dan komitmennya untuk memfasilitasi segala kebutuhan yang diperlukan selama pilkada berlangsung khususnya kepada Bawaslu Kabupaten Banyuwangi. Salah satunya penyiapan APD bagi Pengawas Pemilu hingga tahapan Pilkada berakhir.

Dalam pelaksanaan fasilitas dan pendanaan Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Banyuwangi sendiri sampai saat ini terbilang lancar dan sesuai yang direncanakan sebelumnya. Maka diperlukan koordinasi yang intensif antara Bawaslu Kabupaten Banyuwangi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi demi Pilkada yang berkualitas, berintegritas dan bermartabat. (Humas).