Lompat ke isi utama

Berita

Pilkada Serentak 2024 Bawaslu Provinsi Jawa Timur Siapkan Web Rumah Data

Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Timur, A.Warits saat membuka kegiatan Bimtek Panwaslu Kecamatan, di Grand harvest resort & Villas Banyuwangi, Sabtu (13/07/2024)

Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Timur, A.Warits saat membuka kegiatan Bimtek Panwaslu Kecamatan, di Grand harvest resort & Villas Banyuwangi, Sabtu (13/07/2024)

Banyuwangi - Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Banyuwangi,  Bawaslu Provinsi Jawa Timur tengah menyiapkan sebuah website rumah data jelang pelaksanaan pilkada serentak 2024. Hal tersebut disampaikan Ketua Bawaslu Provinsi Jatim A.Warits saat  membuka acara Bimbingan Teknis Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Banyuwangi, di Hotel Grand Harvest Resort and Villas, Sabtu (13/07/24).

Menurut A.Warits, website rumah data tersebut nanti di dalamnya berisi sejumlah surat himbauan, surat saran perbaikan dan form A hasil pengawasan. Tak hanya itu,  Warits menyebut selain sebagai media penyimpanan data pemilu dan pilkada, website rumah data tersebut juga media publikasi hasil pengawasan dan kegiatan yang dilakukan.

“Rencananya itu akan kita launching pada akhir bulan ini atau paling lambat ya awal Agustus mendatang,” cetusnya.

Menurut A.Warits, saat ini Bawaslu Provinsi Jatim juga tengah menyiapkan buku panduan mengenai website rumah data pemilu.

Dengan dibuatkannya website rumah data itu, diharapkan semua file berkas - berkas administrasi laporan hasil pengawasan selama pilkada serentak lebih tertib.

A.Warits juga menerangkan kepada panwaslu kecamatan se Banyuwangi, bahwa tugas pengawas pemilu cukup berat. Sebab bukan hanya melakukan pengawasan ke penyelenggara dan peserta pilkada saja di awasi, tapi juga masyarakat umum.

“Misal ada anak yang diajak ikut kampanye, itu kan menyalahi aturan dan itu juga menjadi ranah pengawasan kita, itu bahwa tugas kita cukup luas dan berat,” jelasnya.
 

Penulis : Galang

Editor : Hasbi