Lompat ke isi utama

Berita

Samakan Persepsi, Bawaslu Banyuwangi Gelar Bimtek Kesekretariatan

Samakan Persepsi, Bawaslu Banyuwangi Gelar Bimtek Kesekretariatan

Bawaslu Kabupaten Banyuwangi menggelar Bimbingan Teknis Kesekretariatan Se-Kabupaten Banyuwangi bertempat di Hotel Aston Banyuwangi, Rabu (05/8/2020). Bimtek tersebut dilaksanakan dalam rangka pengelolaan keuangan sekretariat Panwascam selama Pilkada 2020.

Acara yang dibuka oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Banyuwangi ini diikuti oleh Ketua Panwascam, Kepala Sekretariat serta PUMK Kecamatan se-Kabupaten Banyuwangi.

Dalam sambutannya Ketua Bawaslu Kabupaten Banyuwangi, Hamim, menyampaikan kepada peserta Bimtek untuk selalu menjaga kekompakan dan kesinambungan antara Kasek dan Panwascam dalam menjalankan amanah yang diemban, yaitu dalam hal administrasi dan kebutuhan pengawasan di lapangan. Hamim juga mengingatkan kepada jajaran ASN di tingkat Kecamatan untuk selalu bersikap netral dan menjaga marwahnya sebagai Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi.

“Kami menghimbau kepada Kasek dan PUMK Kecamatan untuk tidak ikut terlibat dalam kepentingan politik Calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi nantinya. Apalagi Kasek dan PUMK ini bertugas di jajaran pengawas Pemilu yang mana sudah menjadi bagian dari keluarga besar penyelenggara Pemilu yang diwajibkan untuk menjaga netralitas dalam melaksanakan pekerjaan dan juga aktivitas sehari-hari” tegas Hamim.

Sementara itu, Koordinator sekretariat Bawaslu Kabupaten Banyuwangi menitik tekankan kepada ketertiban administrasi dan pengelolaan keuangan pada Pilkada Tahun 2020 ini. Bahwa Kepala Sekretariat harus paham terkait dengan program yang akan diselenggarakan oleh Panwascam. Sehingga pada saat, menjalankan proses tahapan Panwascam dapat berjalan lancar terutama dalam penggunaan anggaran. 

“Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penguatan serta informasi bagaimana cara mengelola kesekretariatan di lingkungan Bawaslu. Maka semuanya wajib mengikuti materi dengan kooperatif dan fokus. Karena displin dalam hal menyampaikan laporan keuangan akan mempermudah Sekretariat Bawaslu Kabupaten Banyuwangi” ujarnya

Tujuan diselenggarakannya Bimbingan teknis ini adalah memberikan pemahaman kepada jajaran Pengawas Pemilu di tingkat kecamatan bahwa keseretariatan dan pengawasan saling berhubungan dalam hal pekerjaan dan tidak akan bisa dipisahkan. Oleh sebab itu, dalam pemenuhan SPJ dan laporan pertanggung jawaban, perlu pengelolaan anggaran dan restukturisasi Rencana Belanja pada Tahapan Pilkada 2020. (Humas)