Lompat ke isi utama

Berita

Tahap Coklit, Bawaslu Temukan KPU Banyuwangi Kekurangan Ribuan Stiker A.A.2-KWK

Tahap Coklit, Bawaslu Temukan KPU Banyuwangi Kekurangan Ribuan Stiker A.A.2-KWK

petugas PPDP menempel stiker dirumah warga 

Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Kabupaten Banyuwangi menemukan KPU Banyuwangi dalam tahap pencocokan dan penilitian data pemilih kekurangan ribuan stiker. Temuan ini merupakan hasil pengawasan yang dilakukan Bawaslu Banyuwangi sejak tahap pencocokan dan penelitian dilakukan hingga awal Agustus ini.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Banyuwangi, Adrian Yansen Pale mengatakan, temuan tersebut merupakan bukti seriusnya proses pengawasan yang dilakukan jajarannya, mulai tingkat Desa hingga kecamatan yang selama ini bekerja siang hingga malam. “temuan ini merupakan bukti keseriusan kami dalam melakukan tugas pengawasan dalam Pilkada serentak 2020 di Banyuwangi, dari data kami, jumlah stiker yang kurang mencapai 56.560 stiker atau biasa disebur A.A.2-KWK,” Kata pria yang akrab dipanggil Ansel ini.

Yansen menambahkan, temuan tersebut didapatkan di 25 Kecamatan yang ada di Banyuwangi. Pihaknya  mengaku sudah memasukkan temuan ini dalam form hasil pengawasan dan sudah melakukan saran perbaikan kepada KPU Banyuwangi untuk segera melakukan langkah cepat perbaikan, agar kekurangan stiker tersebut secepatnya bisa diselesaikan. Kekurangan stiker ini menurut Yansen bisa menjadi persoalan dalam tahap coklit kali ini, karena akan membingungkan kerja PPDP dilapangan saat pemutakhiran data pemilih dilakukan.

“stiker A.A.2-KWK ini adalah bukti jika keluarga yang barada dalam rumah tersebut sudah dicoklit oleh petugas PPDP, nah jika stiker ini kurang, bisa dibayangkan betapa beratnya kerja PPDP dilapangan, termasuk petugas kami di lapangan dalam melakukan pengawasan. Padahal kita tahu semua, persoalan akut DPT muncul dimulai saat tahap coklit seperti ini,” tambah Yansen. Dirinya juga menyayangkan langkah perencanaan dan persiapan yang dilakukan KPU Banyuwangi, hingga persoalan kurangnya ribuan stiker seperti ini bisa terjadi. ( humas).